Jumat, 01 Mei 2015

Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Islam

KOMPETENSI DASAR DAN KOMPETENSI INTI
KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA MASA ISLAM

A.  KOMPETENSI INTI      :
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


KI 3 : Memahami Pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata


KI 4 : Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Keterangan
1.
1.1 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
 1.1.1 Mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Pengasih atas berbagai penciptaan-Nya.
 1.2.1 Mengakui kebesaran Tuhan Yang Maha Esa atas ciptaan-Nya.




2.
2.1 Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukan oleh tokoh-tokoh pada zaman Hindu Budha dan Islam dalam kehidupannya sekarang.
2.1.1Mengimplementasikan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.2 Menjaga situs peninggalan kebudayaan islam dan tidak merusaknya.


3.
3.1        Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).



3.2 Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada zaman praaksara, zaman Hindu Budha dan zaman Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik.
3.1.1 Menyebutkan waktu masuknya kebudayaan islam ke Indonesia.
3.1.2 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi dalam aspek ekonomi, social, budaya, pendidikan, dan politik dalam masyarakat Indonesia.
3.1.3 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi dalam aspek ekonomi, social, budaya, pendidikan, dan politik dalam masyarakat Indonesia.

3.2.1 Mengklasifikasikan bidang - bidang pengaruh kebudayaan islam dalam bidang politik, bidang sosial, bidang  pendidikan, bidang sastra dan bahasa, dan bidang arsitektur dan kesenian.
3.2.2 Mendeskripsikan pengaruh kebudayaan islam dalam bidang politik, bidang sosial, bidang  pendidikan, bidang sastra dan bahasa, dan bidang arsitektur dan kesenian.
3.2.3 Menyebutkan peninggalan-peninggalan masyarakat Indonesia pada masa islam dalam bidang politik, bidang social, bidang pendidikan, bidang sastra dan bahasa, dan bidang arsitektur dan kesenian.



Faktual


Konseptual



Konseptual



Konseptual




Konseptual




Faktual


4.
4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada zaman Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
4.2.1 Mengobservasi museum peninggalan  masyarakat Indonesia pada masa islam.
4.2.2 Membuat kliping tentang peninggalan-peninggalan masyarakat Indonesia pada masa islam dalam bidang politik, bidang social, bidang pendidikan, bidang sastra dan bahasa,   dan bidang arsitektur dan kesenian.
4.2.3 Mengkomunikasikan hasil observasi dan pembuatan kliping di depan kelas.

Prosedural


Prosedural





Prosedural


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Mata Kuliah

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI
Diberdayakan oleh Blogger.